REVISI DARI CV FUNGSIONAL KE KRONOLOGIS

Minggu lalu kami membahas CV Fresh Graduate seorang klien kami, Priantomo [bukan nama sebenarnya]. CV itu berhasil menjalankan tugasnya: membawa Priantomo lebih unggul dari para pesaing dan mengantarkannya ke tahap wawancara kerja. Ternyata Priantomo lulus tahap ini dan berhasil medapat pekerjaan sebagai Auditor di sebuah Kantor Akuntan Publik.

CV buatan kami pada tahun 2005, adalah revisi dari CV asli Priantomo yang sama sekali tidak mencantumkan pengalaman kerja. Menurutnya karena ia belum punya pengalaman kerja. Seperti yang sudah dijelaskan minggu lalu, untuk menutupi kekurangan ini kami memperbaikinya dengan cara:

• Mencantumkan tujuan profesional yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan beserta sesuai dengan latar belakang Priantomo.

• Menyebutkan mata kuliah yang relevan dengan pekerjaan sebagai Auditor. Selain itu juga mencantumkan kursus-kursus, karakter, minat dan skill yang mendukung profesi yang ingin ia geluti.

• Menggunakan format CV Fungsional atau berdasarkan fungsi-fungsi pekerjaan yang ia lakukan. Fungsi-fungsi ini juga disesuaikan dengan pekerjaan yang ingin dilamarnya. Setidaknya ada 4 fungsi yang pernah ia lakukan selama bekerja freelance/partime yakni: book keeping, office management, purchasing and inventory control serta customer service/public relations.

• Mengganti judul posisinya dengan fungsi. Untuk pekerjaan multi-level marketing, kami membuat judul posisinya menjadi “Sales and Distribution” sebab sebenarnya pekerjaan multi-level marketing berkaitan dengan penjualan dan distribusi.

SEBELUM: CV Buatan Komunikarir [2005]

CV REVISI PRIANTOMO-2005


Pada tahun 2006 Priantomo menghubungi Komunikarir lagi untuk merevisi CVnya. Saat itu Priantomo sudah 3 kali pindah kerja dari Kantor Akuntan Publik. Kali ini ia ingin pindah ke Kantor Akuntan Publik yang lebih besar. Untuk itu, kami memperbaiki CVnya lagi dengan cara:


• Pada bagian atas, kami mencatumkan keahlian-keahlian yang berkaitan dengan pekerjaannya.

• Mengubah format CV fungsional ke format kronologis karena sekarang pengalaman kerjanya sudah banyak dan tidak ada jeda sejak bekerja di perusahaan pertama sampai terakhir.

• Mencantumkan nama-nama perusahaan yang pernah ia tangani.

• Memperbaiki lay-out dengan menambahkan garis antara subjudul yang satu dengan yang lain.


SESUDAH: CV Buatan Komunikarir [2006]
CV REVISI PRIANTOMO-2006






0 komentar:

Posting Komentar